Sabtu, 07 November 2009

Chelsea vs Manchester United: Battle of The Top

Chelsea siap menjamu Manchester United di Stanford Bridge akhir pekan ini. Another classic match? Let's hope so.

Persaingan kedua tim yang kian meruncing di beberapa musim terakhir ini membuat pertemuan antara Chelsea dan United selalu spesial. Mereka saling mengalahkan di berbagai ajang. Bergantian memperoleh trofi.

Sebut saja: Liga Premier? Selalu bertemu. FA? Ada. Community Shield? Langganan. Liga Champions? Final.

Deretan pertemuan yang panjang ini semakin dibumbui lagi dengan cahaya paling menarik untuk laga ini. Pertemuan peringkat 1 klasemen dengan sang peringkat 2. A Battle of The Top!

Deretan hasil bagus Chelsea, terutama setelah dikalahkan Aston Villa beberapa pekan yang lalu, mengantar mereka menggusur posisi United yang sempat memimpin klasemen.

United sendiri setelah catatan manis 11 laga tanpa kekalahan mereka dihancurkan Liverpool di Anfield 2 pekan lalu, sedang mencoba menata lagi penampilan mereka.

Modal bagus juga dimiliki keduanya. Setelah masing-masing menang di pertandingan liga pekan lalu, United dan Chelsea juga lolos ke 16 besar Liga Champions setelah menjalani pertandingan seru di midweek.

Chelsea menahan imbang tuan rumah Atletico Madrid 2-2, sedangkan United bangkit dari ketertinggalan 1-3, untuk mengakhiri laga dengan hasil 3-3 saat menjamu CSKA.

Hanya hasil imbang, tapi cukup bagi keduanya untuk lolos. Hasilnya? Fokus ke Liga Premier bagi kedua tim.

Di sisi si biru, Didier Drogba menjadi pahlawan. 2 gol-nya setelah harus absen di 3 pertandingan awal Chelsea di champions membuktikan ketajamannya. Pelatih Carlo Ancelotti sendiri memujinya dengan menyatakan ia "tidak tergantikan siapapun!"

Para pemain lainnya juga sedang dalam form yang bagus-bagusnya. Konsistensi Ancelotti dan Chelsea-nya bahkan sampai mengundang pujian dari Sir Alex Ferguson yang menyatakan pesaing utama mereka untuk perebutan titel tahun ini adalah Chelsea.

United juga punya satu nama yang tampil hebat di midweek. Wayne Rooney. Dia memang tidak masuk ke score sheet. Tapi penampilan 30 menit sang ayah baru ini menjadi inspirasi utama kebangkitan United saat lawan CSKA kemarin.

Di tengah Darren Fletcher yang dengan keras kepala tetap ingin main walaupun cedera terus bersarang di kakinya, memperkuat dan memperkaya pilihan pemain bagi Fergie. Tambah lagi, pemain Skotlandia ini punya kecenderungan bermain hebat pada laga-laga besar.

Kartu truf lain Fergie adalah Michael Owen, yang mulai sedikit demi sedikit rutin mencetak gol saat dimainkan. Kemunculan cameo-nya di nyaris akhir pertandingan seringkali justru sangat berbahaya bagi lawan manapun. Termasuk Chelsea.

Tuan rumah punya keyakinan dan modal bagus untuk menghadapi laga ini. Catatan kemenangan dan permainan yang meyakinkan. 9 gol tanpa kebobolan dicetak mereka di dua laga terakhir liga premier. Penampilan yang layak untuk diganjar posisi puncak.

United sendiri sedang dalam fase naik-turun. Penampilan mereka saat lawan salah satu big-four, Liverpool, dua pekan lalu cukup mengecewakan. Kekalahan yang meletakkan mereka kembali ke bumi dan memaksanya harus berjuang jauh lebih keras lagi untuk mempertahankan gelar mereka musim ini.

Back to the game...

Seperti biasa, dengan nama-nama semacam Nicolas Anelka, Didier Drogba, Frank Lampard, Deco, Wayne Rooney, Dimitar Berbatov, Antonio Valencia, dan lain-lain memenuhi lapangan di Super Sunday nanti, kita bisa mengharapkan satu hal: saling menyerang!

'tamLini belakang Chelsea sedang tangguh-tangguhnya. Setelah paran' dua gol set-piece dari Villa, mereka belum kebobolan lagi di liga.

United? Mereka tampaknya masih tanpa duet andalan Ferdinand-Vidic. Artinya, Wes Brown dan Johnny Evans akan dipaksa Fergie bekerja keras menghadang ketajaman Drogba cs.

Modal tuan rumah menjadi sedikit keuntungan bagi Chelsea. Begitu juga dengan keunggulan 2 poin milik mereka di klasemen.

Tapi United adalah United. Tidak ada satu tim pun yang bisa meremehkan mereka. Catatan juara 3 kali beruntun, dan mengincar yang keempat di musim ini jadi bukti.

So, siapa unggul?

Sulit diprediksi. Hasil imbang akan jadi sesuatu yang rasional saat dua tim penuh keseimbangan ini bertemu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar